Indonesia

Hari Musik Nasional: The iTunes Edition

dewa-19.png

gambar dari apuyizm26

Berkat akun instagram salah satu aplikasi lokal yang kece, Goers (download appnya yah, ada di iOS dan Android), saya jadi ingin nulis tentang musik Indonesia kesukaan saya. Sebenarnya lagu Indonesia yang saya suka ada banyak, tapi saya gak bisa ingat satu-satu dan demi tulisan ini saya mengandalkan library iTunes saya 😛 Lol. Dan saya baru sadar, isi iTunes saya kebanyakan lagu bule atau lagu Korea, dengan beberapa lagu Jepang di sana dan di sini (berkat nonton anime). Dan lagi, mostly lagu Indonesia di sini udah jadul semua. Hmm gimana ya caranya biar tetep up to date sama musik tanah air?

Anyway, ini beberapa lagu Indonesia yang ada di library dan masih saya suka sampai sekarang. Di luar daftar ini, saya masih ada lagu-lagu lain di iTunes, tapi saya udah gak pernah dengerin lagi. Entah karena memang bosen atau udah gak suka dan malas ngapus (yaelah padahal cuma klik kanan, terus delete). Dan mereka semua pun sama jadulnya dengan lagu-lagu di daftar ini.

Anda – Biru, Tentang Seseorang

Kalau lagu Tentang Seseorang, hands down karena film AADC. Entah kenapa keinget mantan saya terus, Nicholas Saputra, kalo denger lagu ini 😛 (Niko, kangen atuh). Kalo Biru saya suka karena liriknya nancep dan pianonya enak didenger. So many emotions in this song.

Chrisye – Andai Aku Bisa

Kalo ini sih lagu patah hati. Dan saya suka video klipnya. Ada Tikam sama Teuku Firmansyah. Fly me back to the 90s (eh apa ini tahun 2000an sih). Dan ngingetin sama film Pasir Berbisik juga setting-nya. Vintage. Siapa lagi yang tinggal deket pantai pake kebaya sama kain. Dan Teuku Firman kaosnya gak dikancing dan sheer. Alah kok jadi ngomongin itu.

Dewa – Album Bintang 5

Ini salah satu album Dewa yang paling saya suka. Feelsnya mirip sama lagu-lagu Band Queen, dengan lirik nancep dan kualitas musik yang top. Saya gerasa Dewa bener-bener spend some time untuk formulate lagu mereka. Beberapa lagu yang saya suka banget beberapa di antaranya: Dua Sejoli, Cemburu, Lagu Cinta, Roman Picisan. Saya paling suka sama Cemburu dan Lagu Cinta. Alasannya, kalau Lagu Cinta karena memang enak aja dari segi musik dan liriknya bagus. Kalau Cemburu karena lagu pelepas stress 😛 dan juga saya selalu keinget sama temen saya yang pernah nyanyiin lagu ini sebagai bentuk curhat ha ha ha (Ry, udah gak cemburu lagi kan sekarang?). Oya, terus saya juga keinget pas album Dewa ini keluar, kayaknya semua anak muda go crazy termasuk kakak saya. Kakak saya ngerikues lagu Risalah Hati di Prambors, diputerin sama DJ-nya pas di akhir segmennya. Terus seneng banget, sampe volume radio dikencengin (padahal kita mah punya kasetnya di rumah, enggak ngerti kenapa musti dikencengin, biasa ya namanya juga dimabuk asmara). Katanya sih buat gebetannya gitu. Ha ha ha. Tahun 90an banget gak sih, kode-kodean pake lagu rikues di radio. Duh saya juga mustinya gitu ya dulu. Nih gebetan dengerin atuh suara hati saya!

Dewi Dee – Peluk

Duh kalo lagu ini mah… The feels! Bisa nangis sampe mata bonyok kalo lagi galau pisan (eh jangan ya). Lagunya simpel, tapi liriknya nancep. Tentang dua orang yang mau putus gitu ya? Aseli anti-mainstream banget dari lagu-lagu yang saya dengerin, yang kebanyakan tentang jatuh cinta. Terus kalo karokean enak banget nyanyi lagu ini, gak macem-macem tapi hati lega abis nyanyiin. Nih buat kamu yang mau/bentar lagi/udah di ujung/udah putus bisa nyanyiin lagu ini buat menyuarakan hati kamu. Saya sudah membuktikan.

Firman – Kehilangan

Ada yang tahu lagu ini? Saya suka karena dari dulu ngefans sama Firman. Btw ini mungkin ada yang bertanya-tanya: Firman saha sih!?!?!? Ih ah elah, ini Firman yang di Indonesian Idol. Yang runner up. Pas juara satunya kalau gak salah Judika. Seinget saya. Lagu ini strong aja menurut saya, dan karakter vokalnya Firman nancep pisan.

Hedy Yunus – Suratku

Ini lagunya Kang Hedy dari jaman baheula yang saya tahu karena dinyanyiin sama Alika di radio. Liriknya saya suka, simpel banget gak macem-macem dan sweet karena surat-suratan. Siapa lagi kan yang surat-suratan jaman sekarang? Berasa balik ke jaman 90-an. Saya dulu sampai beli CD-nya Kang Hedy (best of -nya gitulah) di Duta Suara. Dari satu album, cuma lagu ini yang saya suka ha ha ha ha. Piye.

Maliq & D’Essentials – Penasaran, Coba Katakan, Setapak Sriwedari

Yang saya suka dari Maliq adalah konten lagunya tentang cinta orang dewasa. Gak khas anak SMA yang berbunga-bunga. Apa yah, lebih ke galau orang dewasa yang: Si dia kapan sih ngelamar aku? Hubungan kita mau dibawa kemana nih? Dan hal-hal dewasa lainnya. Dewasa bukan karena porno atau konten eksplisit, tapi rasanya lebih berat saja permasalahan yang diangkat. Elah. Dari tiga lagu ini, saya paling suka sama Penasaran. Pertama, video klipnya bagus banget (coba lihat di YouTube) dan kedua lagunya enak (yah standar).

Melly – Bimbang

Ini hands down thanks to AADC. Lagu ini paling menyentuh dan menenangkan buat menyetir mobil. Rasanya adem, walau sambil galau-galau gitu.

Indah Dewi Pertiwi – Jangan Sedih

Lagu ini mengingatkan saya untuk jangan sedih tiap ada masalah. Meski setelah dipikir-pikir agak gimana gitu dengan konten lagunya, tapi saya masih tetep suka. Pas atuh buat curhat.

Padi – Belum Terlambat

Saya beli album Padi yang kayaknya best of the best (lupa iya atau engga, pokoknya yang ada 2 CD deh) dan lagu ini on repeat yo. Saya beli albumnya buat obat patah hati, dan gak manjur, malah tambah patah hati.

These R Fake – Cat Fight

Yang ini mungkin lokal buat anak ITB dan sebagian anak muda Bandung (setahu saya mereka terkenal dan pernah manggung di PVJ). Saya pertama kali denger mereka di panggung ITB dan langsung nancep pisan di telinga karena cool dan trendy. Kayaknya sekarang udah gak aktif, tapi dulu sempet ikutan festival band indie. Saya suka sama musik mereka, meski spesifik untuk lagu ini sempet susah nangkep liriknya. Yah, tetep enak. Dan cuma lagu ini aja yang saya dengerin. Gimana ya.

Tulus – Jangan Cintai Aku Apa Adanya

Kalau Padi gagal mengobati patah hati saya, Tulus dengan lagu ini teh berhasil mem-patch hati saya dengan baik. Dulu saya suka napak tilas gitu ya, apakah saya ini orangnya penuh demand dan sebagainya, terus terpuruk dalam kegalauan. Untungnya ada Abang Tulus dengan lagu ini yang membuat perasaan saya jauh lebih baik. Thanks Abang.

Cakra Khan – Harus Terpisah

Duh ini teh random pisan. Beberapa minggu yang lalu saya keinget sama lagu ini dan entah kenapa pingin dengerin lagi. Untungnya ada di Apple Music. Lagu ini dulu pertanda saya hobi banget nontonin Dahsyat dan Inbox secara bergantian dan jadi expert mengenai musik tanah air. Lagu ini juga wajib dinyanyikan waktu karokean bareng temen-temen. Kayaknya galau pisan ajah gitu. Pas buat yang mau/bentar lagi/udah di ujung/udah putus.

GAC – Jangan Parkir

Ini juga lagu wajib kalau karokean. Meski sokil dalam segi lirik, tapi beat enerjik lagu ini selalu bikin semangat dan ceria. Musik bisa liar seliarnya, kayak lagu ini, dan tetap menghibur. Tjampolan pisan.

Kerispatih – Tertatih

Awalnya saya ragu masukin lagu ini, karena saya termasuk indifferent. Tapi keinget pas jaman karokean waktu lagi galau berat dan jadinya niat banget nyanyiin lagu ini, sampai mirip kayak panggung drama dan ngemper di lantai tempat karaoke. Duh gak tahu malu banget kalau diinget-inget. But it was very entertaining dan membantu menambal hati yang luka. Hiks.

Begitulah pirsawan. Lihatlah betapa jadulnya playlist lagu Indonesia saya. Dan kebanyakan curhat semua isinya. Sori ya.

Selamat hari musik nasional! Apa musik Indonesia favorit kamu?

Advertisements

2 replies »

  1. huaaa isi lagu di hape ku juga cuma korea aja bahkan…ada sih beberapa lagu barat tapi jadul pulak hihihihihi…. btw kl disini kemarenan sempet heits lagu nya rizky fabian yang judulnya kesempurnaan cinta sana HIVI yang judulnya siapkah kau tuk jatuh cinta lagi :p aku juga tau lagu2 baru kalo pas lagi dinas kan mau gak mau pasti nyetel radio :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s