America

San Francisco – Musim Panas 2017

At this rate, saya seperti pergi ke San Francisco satu tahun sekali semenjak kerja. Tapi memang betul beb; Dua tahun lalu ke Bay Area karena urusan kantor. Tahun lalu liburan dengan keluarga. Tahun ini urusan kantor kembali.

Secara liburan ini saya gak gitu ambisius sebagai turis dan bingung mau nulis apa juga, kita amati dan tulisi (?) fakta-fakta berdasarkan beberapa foto dari perjalanan ini. Kemudian setelah ini terdengar lagu Ebiet G. Ade. PERJALANAN INI TERASA SANGAT MENYENANGKAN.

MJ2

Tujuan utama saya di SF adalah belanja, khususnya celana. Saya kheuseus nyisain tempat lebih di koper biar muat belanjaan. Target toko adalah Uniqlo, Muji, dan… ya udah itu aja sebenernya. Saya ke Uniqlo yang di Union Square dulu. Habis itu, saya langsung ke Muji, cuma agak jauh dari Union Square, kudu pakai bis. Haltenya deket sama Uniqlo, tinggal lempar kolor. Di sekitaran haltenya, saya lihat ada street performer yang meniru Michael Jackson, pasang musiknya kencang-kencang, dan nari di tengah jalan. Saya kagumin sebentar terus cabut karena bisnya sudah mau datang.

 

From where I munch sushirrito

Singkat cerita, saya ke Muji buat beli payung dan hal-hal trivial lainnya (seperti gunting, dan tempat pensil akrilik… wut), dan pulangnya kembali ke hotel untuk taruh barang belanjaan. Sudah jam 2 siang dan belum makan (cuma saya makan nasi biryani buat makan pagi, kurang ekstra apa coba, jadi gak gitu laper). Dekat Union Square ternyata ada tokonya Sushiritto yang saya idam-idamkan semenjak setahun yang lalu. Enak juga. Saya makan siang di Union Square-nya dan susah banget buat cari tempat teduh. Hari itu super panas dan terik. Untungnya saya ketemu satu spot enak yang bisa duduk-duduk adem sambil makan. Di hadapan saya persis bis-bis turis berhenti untuk turun-angkut penumpang.

 

En route pier 39 2

Selesai makan, saya naik trolley bus (yang vintage) ke Pier 39. Bus ke arah sini selalu penuh dan susah cari tempat duduk. Saya kadang suka jalan ke halte sebelumnya supaya dapat tempat duduk hahaha. Segitunya ya. Iya. Foto atas adalah interior trolley bus. Saya sengaja gak pakai flash jadi agak gelap, soalnya takut mengganggu penumpang yang cranky karena panas banget cuacanya. Saya pun di momen ini sungguh cranky.

 

Sea lions

Sampai di Pier 39 saya foto-foto (mostly mandatory pics?). Engga ada hal baru sih, Pier 39 terlihat stabil dari dua tahun lalu. Paling lihat singa laut yang lagi kepanasan (sama, saya juga kepanasan). Berhubung jauh banget dari dek tempat pengunjung boleh melihat, singa laut bak kotoran di pelupuk mata. Bau amisnya masih sama jangan watir.

 

Walk in style

Saya lanjut jalan ngiterin daerah sekitar dan melihat satu burung camar yang jalan kaki (?) dan mencoba berbaur sama merpati-merpati yang makan remahan roti di jalan. Ini bercak-bercak putih fix pupup para burung di sini. Mungkin si camar berusaha gak nginjek kotoran-kotoran ini, tapi apa daya… Keinjek juga.

 

from pier 39 upper deck

al catraz from far away

Di sini saya cuma jalan ngiterin Pier 39, jalan sampai kelihatan Alcatraz dari dek dermaga. Bagus sih di sini, sayangnya panas banget. Kayak kepanggang. Setelahnya saya ke Fisherman’s Wharf, tapi sayang sekali disposable camera yang saya pakai sudah habis roll-nya. Dan sebenernya saya lanjut pakai kamera film lain, tapi itu belum sempet dicuci.

Begitu pirsawan. Liburan paling selow yang pernah saya jalani. Biasanya saya ngoyo mesti ke situ sini sana… Sampe-sampe tepar. Yang ini saya juga tepar sih, tapi gak lelah mental karena ngototan dan ambisius.

Semua gambar di post ini saya ambil pakai disposable camera Agfa (serinya lupa). Saya masih ada satu roll lagi, semoga di minggu ini bisa dicuci.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s